cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
ISSN : 08528322     EISSN : 26148293     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Physical Education Arena is published by Department of Sports Science, Faculty of Sports Science State University of Malang (UM). The Indonesian Physical Education Arena is published twice a year in April and October containing articles of research and thought results in the field of Physical Education. First published in January 1990 with the name of "GELANGGANG" , renamed with the "JURNAL PENDIDIKAN JASMANI" in 2014, then renamed with "PENDIDIKAN JASMANI" in 2017 and last renamed with the "GELANGGANG PENDIDIKAN JASMANI INDONESIA" in 2018. Learning Domains in Physical Education includes learning plan, learning implementation and learning evaluation. Learning materials of Physical Education consits of 6 category namely: 1) Sports basic science, 2) Motor Activity, 3) Teaching methods and didactic, 4) Statictics and research method, 5) Management, and 6) Blended Learning.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): Vol 4. No. 1 Juni 2020" : 10 Documents clear
BASKETBAL AS AN ALTERNATIVE METHOD TO LEARN SOCIAL COMPETENCE Putro, Baskoro Nugroho
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 1 (2020): Vol 4. No. 1 Juni 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.766 KB) | DOI: 10.17977/um040v4i1p1-7

Abstract

Basketball is a sport that is quite popular in Indonesia. Many schools accommodate the interests and talents of student at basketball in extracurricular activities. Like other sports, basketball has positive values that can be learned. In line with the social competencies established by the Ministry of Education and Culture, Basketball can be used to help achieve these competencies. This study involved 339 individuals from various backgrounds. Individuals that involved in research have experience in basketball as students, athletes, teachers, coaches, parent athletes, and supporters. The purpose of this study is to find out whether basketball has the potential to help students achieve social competence. The approach used in this research is qualitative and quantitative. The results of the research show that statistically, basketball has a strong correlation with social competence, whereas from theoretical studies the characteristics of basketball can support the achievement of social competence. Bolabasket adalah olahraga yang cukup populer di Indonesia. Beberapa sekolah mengakomodir minat dan bakat peserta didik dalam bolabasket dengan kegiatan ekstrakurikuler. Seperti olahraga lainnya, bolabasket memiliki nilai positif yang dapat dipelajari. Sejalan dengan kompetensi sosial yang ditetapkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan, bolabasket dapat digunakan untuk mencapai kompetensi tersebut. Dalam penelitian ini melibatkan 339 subjek penelitian dari berbagai latar belakang. Individu yang terlibat dalam penelitian ini memiliki pengalaman dalam bolabasket sebagai siswa, atlet, guru, pelatih, orang tua dan suporter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bolabasket memilik potensi untuk membantu siswa dalam mencapai kompetensi sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian secara statistik menunjukan, bolabasker memiliki korelasi yang kuat dengan kompetensi sosial, dimana berdasarkan studi literature menunjukkan juga bahwa karakteristik bolabasket dapat mendukung pencapaian kompetensi sosial.
Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Atlet Puslatcab Senam Lantai Usia 10-12 Tahun Huslah, Huslah; Hariyanto, Eko
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 1 (2020): Vol 4. No. 1 Juni 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i1p44-51

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meneliti dan mengkaji tingkat kebugaran jasmani Atlet Puslatcab Senam Lantai Kota  Malang Usia 10-12 Tahun, dalam penelitian ini menggunakan menggunakan rancangan survei bentuk deskriptif kuantitatif. Pengambilan data menggunakan instrumen dalam bentuk tes instrumen tesnya adalah Tes Kebuaran Jasmani Indonesia (TKJI). Teknis analisis data menggunakan presetase Berdasarkan hasil tes tingkat kebugaran jasmani Atlet Puslatcab Senam Lantai Kota  Malang Usia 10-12 Tahun maka diperoleh hasil 4 peserta (20%) pada kategori Baik Sekali, 14 peserta (70%) pada kategori baik, 2 peserta (10%) pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani Atlet Puslatcab Senam Lantai Kota  Malang Usia 10-12 Tahun masuk pada lingkup baik.
PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR POLA LANGKAH PENCAK SILAT SEKOLAH DASAR Widyalaksono, Pongky; Mashuri, Hendra; Lusianti, Septyaning
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 1 (2020): Vol 4. No. 1 Juni 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i1p8-17

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan media audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar gerak dasar pola langkah pencak silat. Penelitian ini merupakan action research. Subjek penelitian ini adalah kelas V di SD Negeri Banjaran 2 Kediri Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 39 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi siswa dan guru, tes uraian dan tes praktik. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar gerak dasar pola langkah pencak silat setelah penerapan pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar pola langkah pencak silat pada siswa sekolah dasar.
Profil Kebugaran Jasmani Pemain Sepakbola Metro FC Malang Hariyoko, Hariyoko; Angga, Prayogi Dwina; Amiq, Fahrial; Hariyanto, Eko
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 1 (2020): Vol 4. No. 1 Juni 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i1p52-58

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui level kebugaran jasmani pemain sepakbola Metro FC Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Komponen kebugaran jasmani yang di tes diantaranya: (1) kelentukan; (2) power otot tungkai; (3) kelincahan; (4) kekuatan otot lengan; (5) daya tahan otot perut; dan (6) daya tahan kardiovaskluler. Data penelitian berupa skor hasil tes kebugaran jasmani dari 25 pemain sepakbola Metro FC Malang dan diolah menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata profil kebugaran jasmani pemain sepakbola Metro FC termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisa level kebugaran jasmani ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk merancang program latihan yang tepat.
VALIDASI EUROFIT TEST PADA SISWA SEKOLAH DASAR INDONESIA Yudasmara, Dona Sandy; Taufik, Taufik; Fadhli, Nurrul Riyad
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 1 (2020): Vol 4. No. 1 Juni 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i1p18-27

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model asesmen aktivitas jasmani anak sekolah dasar dan mengetahui tingkat aktivitas jasmani anak sekolah dasar. penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang disarankan Borg dan Gall (1983), dan dipadukan dengan langkah-langkah penyusunan tes keterampilan olahraga yang disarankan Scott dan French (1959) dengan pendekatan konseptual. Hasil nilai korelasi dan regresi linier diperoleh nilai validitas untuk siswa yang diantaranya; Bass Test dengan Plate taping untuk putri; 0,154, putra; 0,212; validitas Bass Test dan Shuttle Run untuk putri; 0,236, putra; 0,196 dan Validitas Plate Taping dan Shuttle Run untuk putri; 0,342, putra; 0,003. Koefisien Reliabilitas Bass Test untuk siswa putri; 0,591, putra 0,157. Koefisien Reliabilitas Plate Taping untuk siswa putri; 0,722, putra; 0,592. Koefisien Reliabilitas Plate Taping untuk siswa putri; 0,159, putra; 0,175. Dapat disimpulkan bahwa instrument Eurofit Test memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang sedang apabila digunakan pada konteks siswa sekolah dasar Indonesia. 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR RENANG GAYA DADA UNTUK MEMPERMUDAH MELATIH RENANG GAYA DADA Saputra, Yoga Siddhi Vidyasthana; Rufi’i, Rufi’i; Cholid, Abd.
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 1 (2020): Vol 4. No. 1 Juni 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i1p59-65

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul pelatihan renang gaya dada untuk mempermudah para pelatih renang gaya dada dalam aktivitas sebagai pelatih. Metode Penelitian dan Pengembangan digunakan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa pelatihan renang gaya dada. Beberapa tahapan penelitian terdiri dari: (1) uji coba ahli desain pembelajaran dan ahli materi renang, (2) pembuatan angket yang divalidasi oleh ahli materi renang dan ahli psikologi olahraga, (3) uji coba lapangan mulai dari teman sejawat, pelatih kelompok kecil, dan pelatih kelompok besar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tentang respons para pelatih dan siswa yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif yang penyajianya dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, uji validasi produk oleh ahli desain pembelajaran dengan persentase 96% (sangat baik), ahli materi renang dengan persentase 97,5% (sangat baik), pada uji coba lapangan mulai dari teman sejawat dengan persentase 87,5% (sangat baik) dan siswa renang dengan persentase 80,55% (sangat baik), uji coba pelatih kelompok kecil dengan persentase 87,5% (sangat baik) dan siswa pelatih kelompok kecil dengan persentase 86,8% (sangat baik), uji coba lapangan pelatih kelompok besar dengan persentase 90,1% (sangat baik) dan siswa pelatihan kelompok besar 87,6% (sangat baik). Dengan demikian modul pengembangan pembelajaran renang dengan yoga methods layak digunakan oleh para pelatih renang gaya dada.
KEMAMPUAN KECEPATAN GERAK DAN DAYA LEDAK OTOT SISWA PPLP JATIM DI KEDIRI CABANG OLAHRAGA ATLETIK meirawati, nuke; Nurrochmah, Siti
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 1 (2020): Vol 4. No. 1 Juni 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i1p28-34

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkaji kemampuan kecepatan gerak dan daya ledak otot siswa PPLP Jatim di Kediri pada olahraga atletik. Penelitian menggunakan metode observasi dan subjek penelitian berjumlah 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan unsur kecepatan gerak modus pada kriteria baik, unsur daya ledak otot tungkai modus kriteria baik sekali, unsur daya ledak otot lengan modus pada kriteria kurang sekali. Simpulan bahwa kondisi fisik kemampuan kecepatan gerak katagori baik dan daya ledak otot tungkai kategori baik sekali, dan unsur daya ledak otot lengan modus pada kriteria kurang sekali.
PERMAINAN KIDS ATHLETICS SEBAGAI STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK SEKOLAH DASAR KELAS V dan VI Anisah, Dakwatul; Kamidi, Amrozi; Tuasikal, Abdul Rachman Syam; Suroto, Suroto
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 1 (2020): Vol 4. No. 1 Juni 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i1p66-72

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana permainan Kids Athletics sebagai stimulasi motorik kasar anak sekolah dasar kelas V dan VI. Pengembangan kemampuan motorik pada anak harus menyesuaikan karakteristik anak sesuai dengan usianya. Pada masa anak-anak adalah masa dimana anak sangat aktif dalam melakukan aktivitas, salah satunya yaitu aktivitas olahraga. Aktivitas olahraga pada anak dipengaruhi kemampuan motorik. Kemampuan motorik yang dianggap penting pada anak sekolah dasar adalah kemampuan motorik kasar. Peningkatan kemampuan motorik kasar tidak dapat berkembang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia anak. Namun, kemampuan motorik kasar berkembang melalui berbagai pembelajaran dan pengalaman gerak anak. Kids Athletics adalah bentuk metode permainan yang sesuai untuk anak sekolah dasar kelas V dan VI yaitu usia 11-12 tahun sebagai stimulasi kemampuan motorik kasar.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SPORT MASSASE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI Sugiarto, Tatok; Kurniawan, Ari Wibowo; Sugiyanto, Sugiyanto
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 1 (2020): Vol 4. No. 1 Juni 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i1p35-43

Abstract

Perkembangan teknologi mengharuskan para pendidik untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan media pembelajaran, sehingga dengan multimedia interaktif dapat memfasilitasi pembelajaran sport massase agar lebih efektif dan efisien.  Tingkat keefektifan dan efisiensi pembelajaran dengan multimedia interaktif perlu dikaji sehingga akan menemukan formula yang benar dan tepat dalam proses pembelajaran sport massase.  Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data empiris tentang efektivitas dan efisiensi hasil pembelajaran sport massase dengan multimedia interaktif pada mahasiswa pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi. Metode penelitian ini penelitian eksperimen dengan menggunakan Pre-Test - Post-Test  Control Group Design. Nilai gain score keterampilan sport masase kelompok kontrol memperoleh rata-rata 0,37 yang artinya adalah perbandingan antara nilai Pre-Test  dan Post-Test  mengalami perbedaan dalam kategori sedang. Nilai gain score keterampilan sport masase kelompok uji coba adalah 0,82 yang artinya adalah perbandingan antara nilai Pre-Test  dan Post-Test  mengalami perbedaan dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran multimedia interaktif lebih efektif karena dapat memfasilitasi dan mengatasi kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran sport massase menggunakan. Technology development that requires educators to be more creative in using learning media, so that interactive multimedia can facilitate sports learning to be more effective and efficient. The level of effectiveness and efficiency of learning with interactive multimedia needs to be studied so that it will find the correct and correct formula in the sports massage learning process. The research objective is to obtain empirical data about the benefits and efficiency of massase learning outcomes with interactive multimedia on physical education, health and recreation students. This research method is an experimental study using Pre-Test - Post-Test Control Group Design. The gain value of the sports skills score of the control group obtained an average of 0.37 which means that compared to the value of the Pre-Test and Post-Test increasingly varied in the medium category. The score for obtaining a group trial skills score is 0.82 which means that the scores between the Pre-Test and Post-Test are increasingly different in the high category. Can deny that interactive multimedia learning is more effective because it can facilitate and overcome the difficulties of students in learning sports using massase.
AKTIVITAS BERMAIN MENINGKATKAN KETERAMPILAN MANIPULATIF : REVIEW JURNAL Ardanari, Palupi; Mintarto, Edy; Tuasikal, Abdul Rahman Syam; Suroto, Suroto
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 1 (2020): Vol 4. No. 1 Juni 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i1p73-78

Abstract

Aktivitas bermain memberikan stimulasi positif terhadap keterampilan gerak manipulatif anak usia 6-12 tahun. Tujuan review dalam jurnal ini adalah untuk menunjukkan kontribusi aktivitas bermain terhadap keterampilan gerak manipulatif anak. Metode review yang digunakan menggunakan sistem pencarian jurnal dengan kata kunci keterampilan gerak manipulatif pada google. 12 jurnal nasional telah direview berdasarkan model aktivitas bermain, metode, sampel, dan hasil penelitian. Kesimpulan hasil review menunjukkan bahwa variasi aktivitas bermain yang dilakukan anak berkontribusi positif keterampilan gerak manipulatif anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Page 1 of 1 | Total Record : 10